5 Gaya Hidup Orang Italia Yang Di Percaya Dapat Tingkatkan Kualitas Hidup

Gaya Hidup Orang Italia – Jakarta Mungkin kita sering mendengar kata-kata ini dari orang tua kepada anaknya yang ingin merantau ke ibu kota, “Hidup di ibu kota itu keras.” Tidak asing, kan? Hidup susah di ibu kota sering diartikan dengan rutinitas sehari-hari yang melelahkan, kemacetan lalu lintas, polusi udara, biaya hidup yang tinggi dan pekerjaan yang selalu dikejar deadline. Betapa tidak, banyak orang yang mendambakan kehidupan yang santai di tengah kehidupan modern yang semakin hari semakin melelahkan. Traveling merupakan salah satu solusi untuk melepas penat dari kehidupan ibu kota, bahkan beberapa selebritis telah menetap di Bali untuk mencari kehidupan yang lebih tenang.

Demi kesehatan mental dan fisik, kita perlu menyegarkan pikiran kita dengan berbagai cara. Tentu saja, Anda tidak harus pindah ke Bali atau kembali ke kampung halaman. Orang Italia mempraktekkan 5 hal di bawah ini sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Jika bisa tingkatkan kualitas hidup, tak ada salahnya mencari tahu lebih lanjut.

Tidak memegang gadget sepanjang waktu baik untuk jiwa

Kita tidak akan pernah menyadari bahwa kita sudah bergantung pada smartphone, sampai kita pergi ke suatu tempat yang tidak dapat menerima sinyal. Karena setiap hari ketika kita ingin bangun, hal pertama yang kita cari adalah smartphone, bukan? Entah itu untuk stalking Instagram, membalas whatsapp atau sekedar mengecek email kantor.

Berbeda dengan orang Italia, mereka lebih suka berkomunikasi langsung dengan orang-orang di sekitar mereka. Apalagi bersama keluarga, mereka pasti punya waktu yang berkualitas dan jarang memegang smartphone seharian. Tentu saja, ketika kita jarang memegang smartphone, kita akan lebih banyak mengobrol dengan ‘orang-orang nyata’ di kehidupan nyata daripada terus-menerus mengikuti media sosial yang terkadang membawa efek negatif. Dulu ketika smartphone belum mengambil alih hidup kita, kita mengisi waktu luang kita dengan kegiatan seperti membaca buku, memasak, mendengarkan musik atau mengobrol dengan teman dan keluarga. Sesuatu yang lebih nyata dan langsung terasa efeknya pada pikiran dan hati. Setuju?

Mereka sedang menjalani diet diet mediterania

Jarang kita melihat orang Italia gemuk, bukan? Karena mereka secara konsisten makan makanan sehat dan segar, tidak ada hari curang bagi orang Italia juga. Mereka menjalani diet mediterania, yaitu pola makan yang mengkonsumsi sayur-sayuran, kacang-kacangan dan daging. Diet mediterania dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam prakteknya, ini termasuk diet atau diet yang sulit. Karena sebagai orang Indonesia, kami menyukai makanan dengan rasa yang kuat. Tentu saja, itu semua masalah pilihan. Jika diet ini cukup memancing minat. Itu bisa dicoba.

Bekerja Lebih Sedikit

Waktu luang dianggap serius di Italia, hal yang bagus bukan? Rata-rata orang Italia hanya bekerja 36 jam per minggu. Selain itu, undang-undang Italia membatasi tenaga kerja hingga 40 jam seminggu dari 8 jam lembur tambahan. Jika seorang karyawan diketahui bekerja lebih dari itu, atasannya akan didenda. Yang lebih menyenangkan lagi adalah orang Italia juga mendapatkan empat minggu liburan per tahun. Di Indonesia tidak seperti itu, tapi kita bisa memaksimalkan waktu liburan kita dengan istirahat sejenak dari pekerjaan dan setelah jam kerja selesai kita harus segera istirahat agar otak rileks.

Berjalan Sebelum Makan Malam

Passeggiata sebagaimana orang Italia menyebutnya, adalah jalan santai sebelum makan malam. Biasanya mereka mengobrol dengan tetangga atau keluarga sambil jalan-jalan santai di sekitar rumah sepulang kerja, hal ini berguna untuk mengurangi stres dan tubuh menjadi lebih rileks. Dan yang pastinya cukup siap untuk makan malam.

Nikmati sedikit kafein setiap pagi dan sedikit anggur di malam hari

Di Italia biasanya orang hanya menikmati secangkir espresso di pagi hari dan setelah makan malam mereka hanya menikmati segelas atau dua gelas wine tidak berlebihan. Karena menurut mereka hidup dinikmati secukupnya saja, agar tetap sehat dan bahagia.

Selamat mencoba untuk kalian yang ingin mempunyai kualitas hidup lebih baik. 🙂

Baca Juga : Stress? Jangan Asal Makan, Ini 5 Makanan Yang Tentunya Akan Membantumu Menangani Stres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *